Upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat

Usaha tempe mendoan
Peluang usaha makanan dengan modal kecil menjadi pilihan yang bagus untuk memulai usaha sampingan sendiri atau sekedar mencari penghasilan tambahan. Teman saya sudah mencobanya dengan menjadi agen produk makanan pedas khas Bandung yang saat ini banyak digemari. Hasilnya lumayan bahkan katanya sih diluar dugaan… saking larisnya.

Memang kalau sudah urusan modal usaha, besar kecilnya menjadi sangat relatif. Tergantung kesiapan masing-masing orang untuk membuka usaha. Dan kalau rentang modal usaha dibawah 5 juta masuk kedalam usaha modal kecil, maka Mendoan Istana sudah tentu menjadi salah satu pilihan peluang usaha makanan dengan modal kecil yang bagus untuk anda pertimbangkan. Hanya dengan modal 3.5 juta, anda sudah bisa memiliki Usaha Sendiri. Anda berminat?

Apa itu Mendoan Istana?

Mendo dalam artinya adalah setengah matang. Dan Mendoan adalah salah satu makanan olahan dari Tempe yang dilumuri tepung dan digoreng setengah matang. Ini adalah makanan khas Purwokerto. Dan Mendoan Istana mencoba menghadirkan Tempe olahan khas Purwokerto ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Saya sendiri sudah mengenal makanan yang satu ini sewaktu tinggal di Semarang dan karena rasanya yang mantap, saya menjadi penggemar Mendoan sampai sekarang. Kalau anda belum pernah coba, saya rekomendasikan anda untuk mencobanya. Hati-hati ketagihan :)

Lalu bagaimana dengan Peluang Usahanya?

Seperti disebutkan diatas, hanya dengan Modal 3,5 juta anda sudah bisa memiliki usaha sendiri. Dan karena tempe adalah makanan segala jaman, tidak salah jika Mendoan Istana menjadi salah satu pilihan peluang usaha makanan dengan modal kecil yang cukup menjanjikan.

Berikut saya kutip analisa perhitungan usaha Mendoan Istana

Peluang usaha makanan modal kecil
Peluang usaha makanan dengan modal kecil

Seperti anda lihat, dengan menggunakan asumsi pendapatan terendah (20 porsi) per hari saja anda bisa mendapatkan laba bersih Rp. 966.000 / bulan. Apalagi dengan usaha keras anda untuk berhasil, tentu anda bisa meraup keuntungan lebih banyak lagi. Menarik bukan?

So bagi anda yang masih mencari alternatif
Peluang usaha makanan dengan modal kecil

, peluang kemitraan usaha yang ditawarkan oleh Mendoan Istana ini tentu sangat menarik untuk anda pertimbangkan.

Informasi lebih lengkap dan detail segera kunjungi www.mendoanistana.blogspot.com

Mendoan Istana
Jalan Raya PLP Curug No.97 Rt.03 Rw.01 Candu, Serdang Wetan
Legok, Tangerang 15820 Banten
Telp.: (021) 9350 9056, 9425 6545
Email: mendoan.istana@gmail.com
Web: www.mendoanistana.blogspot.com
FB: Mendoan Istana

Sumber : info usaha sampingan

Foto : 
tempe mendoan

Usaha Roti Bakar Modalnya Kreatif
Roti bakar telah menjadi makanan yang tidak asing bagi konsumen Indonesia,meski asal muasalnya merupakan makanan western. Roti bakar biasanya lebih lezat dinikmati pada pagi hari atau malam hari. Pada pagi hari biasanya roti bakar dijadikan sebagai sarapan yang tidak terlalu berat bagi sebagian orang, sedangkan pada malam hari dijadikan camilan maupun teman nongkrong bagi sebagian orang. Karena itu usaha roti bakar dapat dilakukan pada pagi hari atau pada malam hari.

Peminat roti bakar memang cukup banyak dari mulai anak-anak hingga orang tua. Tak heran jika peluang usaha roti bakar ini banyak dilirik oleh pelaku bisnis. Diberbagai tempat keramaian di kota-kota besar usaha roti bakar cukup menjamur. Dengan persaingan yang cukup ketat ini salah satu kunci agar sukses dalam usaha roti bakar adalah kreatititas mengembangkan produk.
Kreatifitas dalam mengembangkan produk usaha roti bakar antara lain bisa dilakukan dalam mengemas varian roti bakar, misalnya saja jika biasanya roti bakar menggunakan roti tawar maka bisa digunakan roti manis. Hal inilah yang dilakukan oleh usaha roti bakar 88.
Lain lagi yang dilakukan oleh Bubur Ayam dan Roti Bakar Duti, untuk meningkatkan cita rasa dan daya tarik roti bakarnya dikemas ala sandwich dengan variasi isi yang beragam seperti roti bakar ala wurst,sosis sapi, keju dan telur, Ham dan Keju.

Hal Penting Dalam Usaha Roti Bakar

Selain berbagai bentuk kreatifitas roti bakar tersebut, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menekuni usaha roti bakar yaitu kualitas rasa roti bakar itu sendiri. Untuk menghasilkan roti bakar yang enak jangan menggunakan roti yang terlalu tipis maupun terlalu tebal, idealnya roti memiliki ketebalan 1.5-2 cm. Roti yang terlalu tipis akan membuat roti cepat mengeras sedangkan roti yang terlalu tebal memerlukan waktu yang terlalu lama untuk dipanggang.
Untuk bahan roti biasanya yang dipakai adalah roti tawar tanpa kulit berbentuk persegi. Roti tawar dengan kulit akan menghasilkan roti bakar yang keras di bagian pinggirnya. Bagian pinggir yang keras ini terkadang membuat rasa yang sedikit pahit, sehingga kurang diminati.
Hal penting lain yang perlu difikirkan adalah masalah pemasaran. Lokasi usaha roti bakar cukup menentukan kesuksesan usaha ini. Memasang spanduk atau banner yang menyolok pada tempat usaha menjadi daya tarik bagi pembeli, tonjolkan pada sisi tulisan Roti Bakar.
Cara lain memasarkan usaha roti bakar anda adalah menciptakan kesan ramai pada tempat usaha anda. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain menggelar music live, acara nonton bareng dan lain-lain.
Pada dasarnya usaha roti bakar tidaklah memerlukan modal besar dan keahlian memasak yang cukup rumit. Hanya butuh kreativitas dan inovasi bagaimana mengemas produk. Selamat mencoba.(Galeriukm).
Sumber :Info Kuliner
Oct 28th, 2011
Mencicipi Gurih Bisnis Abon Lele
By galeriukm -- Category: Makanan
Meski Abon lele masih kalah populer jika dibandingkan dengan abon sapi, namun animo konsumen akan olahan yang satu ini cukup besar. Selain memiliki kandungan protein, abon lele dikenal memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu sentra olahan abon lele di kawasan Boyolali ternyata cukup eksis dalam bisnis makanan yang satu ini. Abon lelemampu menambah nilaie konomis bagi daging ikan lele. Selain itu daging ikan lele yang sudah diolah menjadi abon bisa lebih awet untuk disimpan dalam waktu lama tanpa kehilangan kandungan gizi dan protein.

Untuk membuat abon lele , 10 kilogram lele segar bisa menghasilkan 3 kilogram abon siap dikonsumsi. Harga 1 kilogram lele segar sekitar Rp.11.000 sedangkan harga abon lele satu kilogram bisa dijual sekitar 130 ribu rupiah. Dengan berbekal modal 10 kilogram lele segar bisa dihitung berapa keuntungan dari bisnis yang satu ini.
Pasar abon ikan lele ini selain bisa dipasarkan melalui warung, swalayan dan toko-toko makanan ternyata sudah menempus pasar ekspor ke Eropa. Kendala pengetahuan teknis mengenai tatacara ekspor ditengarai menjadi masalah masih rendahnya ekspor abon lele.
Jika anda tertarik dengan mencicipi gurihnya bisnis abon lele ini, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat sendiri abon lele. Berikut langkah-langkahnya:
1. Pilihlah lele yang segar dan baik.
2. Pisahkan daging dan kulit ikan lele. Tunggu beberapa saat setelah lele mati agar lebih mudah dalam proses pemisahan.
3. Cuci bersih kemudian kukus selama sekitar 30 menit.
4. Pisahkan duri tengah lele dengan daging kemudian tiriskan.
5. Siapkan bumbu-bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, gula merah, garam dan bumbu-bumbu lain. Tambahkan pula daun jeruk dan serai.
6. Haluskan semua bumbu dan tumis kurang lebih lima menit.
7. Masukkan ikan lele dan diaduk rata kurang lebih 15 menit. Daging ikan lele akan berubah menjadi coklat, tungu sampai seluruh minyak keluar dari daging lele.
8. Masukkan daging pada mesin press dan dipress selama 3-5 menit. Setelah itu tiriskan di atas kertas minyak agar abon lele tidak menggumpal.
9. Abon siap disajikan atau dikemas kemudian dipasarkan.
Selamat Mencoba.(Galeriukm).
Sumber:
-http://kampoenglele37.blogspot.com/2009/05/membuat-abon-dari-ikan-lele.html
-Dan Berbagai sumber lain
Oct 25th, 2011
Keripik Maicih Pedasnya Nendang Melalui Dunia Maya
By galeriukm -- Category: Makanan
Makanan tradisional ternyata memiliki potensi besar untuk diterima pasar. Dengan sentuhan inovasi dan mengemas produk serta strategi pemasaran yang baik akan laris manis. Contohnya saja Keripik Pedas Maicih, nama yang disematkan pada keripik asal Bandung yang semula tidak diperjualbelikan secara serius. Kini Keripik Pedas Maicih tengah booming dan menjadi pemcicaraan di jejaring social. Adalah Reza Nurhilman atau yang akran disapa Axl. Laki-laki berumur 23 tahun inilah yang mengorbitkan Keripik pedas Maicih di dunia maya melalui facebook dan twitter.

Yang menarik dari Keripik Pedas Maicih adalah level pedas yang memiliki level-level tertentu. Setiap orang bisa merasakan sensasi pedas keripik Maicih sesuai dengan kekuatan lidah merasakan rasa pedas. Keripik pedas ini juga dikenal dengan nama Keripik setan. Meskipun orang tidak suka pedas, ternyata banyak juga yang suka dengan Keripik Pedas Maicih ini.
Keripik Pedas Maicih sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu Keripik Singkong, Seblak dan Gurilem. Masing-masing jenis itu memiliki level kepedasan tertentu. Tak hanya rasa yang super pedas yang membuat produk ini menarik, tetapi juga pada keunikan tersendiri dalam memasarkan dagangannya, yaitu dengan cara misterius. Bergentayangan dari satu tempat ke tempat yang lain.
Cara pemasaran yang lain adalah melalui media social facebook dan twitter. Untuk dapat memesan Keripik Pedas Maichih harus follow di twitter. Kemudian akan dikirimkan ke pemesan.(Galeriukm).
Oct 22nd, 2011
Martabak Mini Pilihan Bisnis Kuliner
By galeriukm -- Category: Makanan
Martabak merupakan makanan nusantara yang sudah sangat populer di masyarakat kita.Penggemar makanan yang satu ini dari mulai kalangan bawah hingga kalangan atas. Kandungan gizinya juga baik untuk segala umur. Namun ukuran martabak yang besar menjadikan makanan ini tidak leluasa menembus pasar yang lebih luas. Membuatmartabak dengan ukuran mini merupakan inovasi produk agar martabak lebih bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya saja menjangkau pasar anak-anak dan pembeli yang memiliki jumlah keluarga yang sedikit.

Inovasi produk martabak mini ini ternyata cukup menarik bagi pasar dan laris manis. Dengan ukuran yang kecil harganya menjadi lebih murah. Harga murah ini menjadikan martabak mini bisa dijadikan alternatif jajanan anak-anak yang murah namun bergizi.
Martabak Mini biasanya dikemas dengan varian rasa yang berbeda-beda misalnya saja Durian, Mangga, Kiwi, Orange, Nangka, Pisang, Strawberry, Blueberry, Rapsberry, Keju, Coklat, Kacang. Pilihan rasa yang bervariasi ini menjadikan martabak mini semakin menarik bagi para pembeli.
Pemasaran martabak mini bisa dilakukan di tempat-tempat ramai misalnya di depan pusat perbelanjaan, kantin sekolah dan lokasi-lokasi lain yang ramai. Saat ini banyak produk martabak mini yang telah dijual dalam bentuk waralaba, jadi anda tinggal membeli lisensi waralaba martabak mini. Selamat mencoba.(Galeriukm)
Sep 27th, 2010
Peluang Bisnis Keripik Ubi Jalar
By galeriukm -- Category: Makanan, Peluang Usaha
Ubi jalar merupakan bahan makanan yang populer di tengah masyarakat kita, aneka macam makanan dibuat dari bahan yang satu ini, misalnya saja aneka kue hingga Mie Ubi Jalar.  Makanan yang tidak kalah menarik dari ubi jalar adalah keripik ubi jalar. Makanan  ringan keripik singkong mungkin sudah sering kita jumpai, tetapi keripik ubi jalar merupakan makanan yang belum begitu banyak. Meski demikian bukan berarti keripik ubi jalar memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan keipik lainnya. Kondisi ini membuat peluang usaha pembuatan dan penjualan keripik ubi jalar terbuka lebar. Dengan berbagai macam variasi model dan rasa keripik ubi jalar dan kemasan yang menarik, keripik ubi jalar dapat menembus pasar yang lebih luas. Dengan demikianpeluang bisnis keripik ubi jalar dapat menjadi alternatif bagi siapa saja yang berminat. Bisnis keripik ubi jalar  bisa dimulai dengan proses pembuatan ( memasak ), proses pengemasan dan proses pemasaran.

Biasanya keripik ubi jalar diproduksi oleh industri kecil rumah tangga, sehinga penetrasi pasar produk ini masih sangat terbatas. Akan tetapi dengan pembuatan dan pengemasan yang lebih baik bisnis usaha keripik ubi jalar bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.
Proses membuat keripik Ubi Jalar
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik ubi jalar adalah sebagai berikut:
1.Ubi jalar.
2. Larutan kapur sirih.
3. Larutan natrium bisulfit 500 ppm.
4. Minyak goreng.
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat keripik ubi jalar adalah sebagai berikut:
1. Pengiris umbi.
2. Pisau dan talenan
3. Kuali
4. Baskom atau ember.
5. Keranjang peniris.
Cara pembuatan Keripik Ubi Jalar
1. Pengupasan dan pengirisan. Umbi dicuci, kemudian dikupas. Umbi yang telah dikupas, tapi tidak langsung diproses lebih lanjut harus direndam di dalam air. Setelah itu umbi diiris tipis-tipis.
2. Perendaman di dalam larutan natrium bisulfit dan kapur. Irisan umbi direndam di dalam larutan natrium bisulfit 500 ppm selama 60 menit.Kemudian irisan umbi diangkat, dan direndamkan ke larutan kapur sirih 2% selama 30 menit. Setelah itu, irisan umbi ditiriskan.
3. Pemasakan ringan. Air dipanaskan sampai suhu 90°C. Ke dalam dimasukkan garam (10 gram garam untuk 1 liter air). Kemudian iris umbi yang telah ditiriskan dimasukkan ke dalam air tersebut, dan diaduk pelanpelan. Tidak lama kemudian (1-2 menit), irisan umbi segera diangkat dan ditiriskan.
4. Pengeringan. Irisan umbi dijemur, atau dikeringkan dengan alat pengering sampai cukup kering dengan tanda mudahnya umbi patah jika diremas.
5. Penggorengan. Irisan umbi digoreng di dalam minyak panas (170°C) sampai garing.
6. Penggulaan. Untuk mendapatkan keripik manis, lakukan penggorengan diulang. Kedalam minyak agak panas (suhu 110°C) dimasukkan gula halus (50 gram gula untuk setiap 1 liter minyak), da diaduk agar gula mencair. Setelah itu, keripik yang telah garing dimasukkan ke dalam minyak, diaduk dengan pelan, dan segera diangkat untuk ditiriskan dan didinginkan.
7. Pengemasan. Keripik matang harus disimpan pada wadah tertutup. Keripik dapat dikemas di dalam kantong plastik, atau kotak kaleng. Kemasan harus ditutup rapat sehingga tidak dapat dimasuki oleh uap air dan udara luar.
Keripik ubi jalar yang sudah dikemas dengan kemasan yang baik siap dipasarkan. Peluang bisnis terbuka.(Galeriukm)

Sumber : Teknologi Tepat Guna Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah,Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat
Sumber: http://galeriukm.web.id/peluang-usaha/peluang-bisnis-keripik-ubi-jalar

0 komentar:

Poskan Komentar