kir q

BAB IV
PEMBAHASAN

1.1     Proses Pembuatan Selai Kulit Buah Naga
1.   Siapkan alat
a.  Baskom
b.   Pisau
c.    Penggorengan
d.   Pengaduk
e.    Blender
2.   Siapkan bahan
a.    Kulit buah naga
b.   Gula
c.    Air
d.   Asam sitrat
e.    Vanili
f.     Pectin
3.      Cara membuat sega
 Proses pengolahan dimulai dari pengupasan buah-buahan yang digunakan, setelahdikupas buah-buahan dicuci kemudian dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses penghancuran. Kulit-kulit buah naga juga dicuch sampai benar-benar bersih,kemudian dipotong kecil-kecil. Tahap selanjutnya adalah penghalusan bahan, buahdan kulit buah naga yang telah dipotong kecil dihaluskan dengan menggunakan blender. Penghalusan kulit buah naga dilakukan bersama dengan buah untuk memperoleh warna yang merata dan adonan yang homogen. Proses selanjutnyaadalah pemasakan bubur, hancuran kulit buah naga dan buah mula-mula dipanaskansesaat, kemudian ditambah gula dan pektin dan diaduk secara merata. Pemanasanditeruskan dan ditambahkan asam sitrat dan diaduk hingga mendidih. Pemanasan bertujuan untuk membuat bubur lebih homogen dan mencegah menjadi pekat. Proses pemasakan selai memerlukan kontrol yang baik. Pemasakan yang berlebihan dapatmenyebabkan selai menjadi keras dan kental, sedangkan jika kurang akanmenyebabkan selai menjadi encer. Pemanasan selai biasanya dilakukan padasuhu 103ºC- 105 ºC tergantung komposisi yang digunakan.Selama pemanasan, pengadukan perlu diperhatikan karena bertujuan agar bahan selaidan warna merah kulit buah naga benar-benar bercampur. Pengadukan tidak bolehterlalu cepat karena dapt menghsailkan gelembung atau busa yang berlebih yangdapat merusak tekstur akhir. Pemasakan dapat diakhiri bila total padatan telahmencapai 65-68%, titik akhir pemasakan dapat diketahui dengan menggunakan spoontest yaitu dengan mencelupkan sendok ke dalam selai kemudian diangkat. Apabilaselai meleleh dan terpisah menjadi dua bagian, berarti selai telah terbentuk dan pemanasan bisa dihentikan.

4.2Macam Selai
Selai nanas
            Nanas adalah salah satu buah yang dapat diolah menjadi selai yang  mempunyai kualitas yang cukup baik , buah nanas yang digunakan adalah buah nanas yang tidak terlalu matang agar rasa asamnya masih terasa. Cara pembuatannya yang pertama buah dikupas kemudian dicuci sampai bersih, setalah itu buah diparu agar masih terasa teksturnya, kemudian tambahkan gula sebagai pemanis alami, lalu selai dimasak sampai kandungan airnya berkurang.
(www.dewi hidayati.blogspot.com)
Selai Strawberry
            Strawberry adalah buah yang berbentuk hati yang memiliki rasa manis dan sedikit asam, strawberry dapat diolah menjadi selai yang sangat enak. Cara pembuatannya yang pertama pilih buah yang belum matang atau yang tidak berwarna merah tua, pilihlah strawberry yang berwarma merah carah karena rasa asamnya masih ada, kemudian buah dicuci sampai bersih, haluskan menggunakan blender dengan campuran gula untuk memberi rasa manis dan mengurangi rasa asam, tetapi jangan sampai terlalu manis sisakan sedikit rasa asam pada selai yang akan dbuat agar rasanya mirip dengan buah aslinya, lalu adonan selai tersebut dipanaskan hingga kandungan airnya berkurang.
(www.dewi hidayati.blogspot.com)
Selai Mangga
Mangga adalah salah satu buah yang terkenal di Kota Probolinggo. Mnagga dapat diolah menjadi berbagai macan olahan makanan yang sangat enak. Mangga juga dapat dilah menjadi selai, mangga yang baik untuk diolah menjadi selai adalah mangga arum manis karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum sehingga mangaa tersebut sangat cocok diolah menjadi selai. Cara pembuatannya yamg pertama pilih mangga arum manis yang sudah matang yang bewarna orange, jangan memilih buah mangga arum manis yang setengah matang karena rasanya masih sangat asam. Haluskan buah dengan blender tanpa menggunakan air dengan campuran gula, hanya sedikitsaja gula yang digunakan karena mangga arum manis yang sudah matang rasanya sudah cuku manis. Setelah itu masak buah yang sudah dihaluskan sampai kandungan airnya berkurang.
(www.dewi hidayati.blogspot.com)
Selai Anggur
            Anggur adalah buah yang mempunyai kundungan vitamin c, anggur juga dapat diolah menjadi selai yang memiliki rasatidak kalah enaknya dengan buah strawberry. Cara pembuatannya yang pertama pilih buah anggur yang belum matamg sempurna karena buah tersebut mengandung vitamjin c yang cukup tinggi. Haluskan menggunakan blender dengan ditambahkan gula agar rasanya menjadi sedikit manis, tetapi jangan terlalu manis agar menyerupai rasa aslinya. Kemudian buah yang sudah dihaluskan tersebut dipanaskan sampai kandungan airnya berkurang.
(www.dewi hidayati.blogspot.com)


BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
1. Kulit buah naga secara kreatif dapat dijadikan selai dan kulitnya tidak harus dibuang
2. Alternatif produk olahan yang terkenal di Kota Probolinggo tidak sebatas buah mangga dan anggur
3.  Kulit buah naga memiliki manfaat bagi kesehatan

5.2 Saran
1. Bagi Masyarakat Kota Probolinggo
            Diharapkan dapat mengolah kulit buah naga secara kreatif sehingga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, selain itu kulit buah naga memiliki manfaat bagi kesehatan
2. Bagi Pemerintah Kota Probolinggo
            Pemerintah Kota Probolinggo dalan hal ini Walikota Probolinggo, dapat mengadakan sosialisasi tentang pemanfaatan kulit buah naga dengan bekerja sama secara intensif sebagai perusahaan produk olahan kulit buah naga serta pelaku usaha kulit buah naga sehingga nantinya akan memunculkan UMKM dalam bidang makanan lebih berfariasa.

1 komentar:

silvi landa mengatakan...

Macam-Macam Olahan Kulit Buah
Agen Sbobet

Posting Komentar